Sunday, October 4, 2009
Pendahuluan
Sistem pemanufakturan tradisional mengatur jadwall produksinya berdasarkan pada peramalan kebutuhan di masa yang akan datang. Padahal tidak seorangpun yang dapat memprediksi masa yang akan datang dengan pasti walaupun dia memiliki pemahaman yang sempurna tentang masa lalu dan memiliki insting yang tajam terhadap kecendrungan yang terjadi di pasar
Produksi berdasarkan prediksi terhadap masa yang akan datang dalam sistem tradisonal memiliki resiko kerugian yang lebih besar karena over produksi daripada produksi berdasarkan permintaan yang sesungguhnya. Oleh karena itu munculah ide Just In Time yang memproduksi apabila ada permintaan. Suatu proses produksi hanya akan memproduksi apabila diisyaratkan oleh proses berikutnya. Sebagai akibatnya pemborosoan dapat dihilangkan dalam skala besar, yaitu berupa perbaikan kualitas dan biaya produksi yang lebih rendah. Kedua hal tersebut menjadikan perusahaan lebih kooperatif. Tujuan utama Just In Time adalah untuk meningkatkan laba dan posisi persaingan perusahaan yang dicapai melalui usaha pengendalian biaya, peningkatan kualitas, serta perbaikan kinerja pengiriman.
Isi
1. Pengertian Just In Time
Manajemen Just in time adalah teknik manajemen yang pertama kali dikenalkan oleh jepang, teknik manajemen ini terkenal dengan zero inventory, yang memiliki arti bahwa perusahaan tidak memiliki persediaan, contohnya persediaan bahan baku yang akan dibeli disaat dibutuhkan sehingga perusahaan tidak mengeluarkan biaya penyimpanan bahan baku serta biaya lain yang berkaitan, ini merupakan salah satu cara untuk menekan biaya produksi akan tetapi agar sistem ini dapat berjalan dengan baik harus didukung oleh faktor-faktor yang sangat mempengaruhi seperti infrastruktur pendukung contohnya jalan raya jika tidak tersedia jalan yang dapat dilalui oleh alat transportasi perusahaan maka akan menghambat distribusi produk serta bahan baku dari dan keluar pabrik dan supplier bahan baku yang siap mensuplai bahan baku jika dibutuhkan secara ontime jika tidak maka akan menyebabkan waktu produksi tertunda
JIT tidak hanya sekedar “zero inventory” sistem ini juga menuntut efisiensi, efektivitas dan produktivitas serta kerjasama sistem di dalam perusahaan yang bersangkutan, karena untuk memproduksi sejumlah produk tepat waktu, dengan bahan baku yang akan di beli saat dibutuhkan dan menuntut penggunaan sumberdaya secara efisien dan efektif sehingga akan mengurangi biaya-biaya variabel yang timbul akibat kesalahan produksi, sehingga jumlah produk cacat menjadi berkurang, bahan baku yang tidak terpakai juga akan semakin berkurang akan tetapi ini di imbangi dengan kualitas produk yang di hasilkan menjadi semakin baik
2. Sistem Persediaan JUST IN TIME
Just In Time merupakan suatu keseluruhan filosofi operasi manajemen dimana segenap sumber daya dipakai sebatas yang dibutuhkan.
Tujuan JIT :
1. Mengangkat produktivitas
2. Mengurangi pemborosan
Sistem JIT merupakan upaya untuk mengurangi atau menghilangkan persediaan dalam usaha untuk memangkas biaya-biaya.
Sistem Persediaan JIT membantu manajer untuk menggunting biaya, meningkatkan efisiensi dan memperluas keluaran.
3. KONSEP SISTEM JIT
Empat (4) aspek fundamental JIT :
1. Menghilangkan segala aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah bagi sebuah produk atau jasa.
Contoh :
Waktu Pabrikasi = Waktu Proses + Waktu inspeksi + Waktu pindah + Waktu antri
Waktu Proses : Waktu yang dibutuhkan untuk mengkonversikan bahan baku menjadi barang jadi
Waktu inspeksi : Lamanya waktu yang dihabiskan untuk memastikan bahwa produk bermuru tinggi
Waktu pindah : waktu yang diperlukan untuk memindahkan BB atau BDP dari satu stasiun kerja ke stasiun kerja yang lainnya.
Waktu antri : Lamanya waktu tunggu suatu produk untuk dikerjakan, dipindahkan, atau dikirimkan dari gudang ke pelanggan.
2. Komitmen tinggi terhadap mutu
3. Upaya perbaikan yang berkelanjutan
4. Penekanan pada penyederhanaan.
Tujuan Pabrikasi JIT : Menghasilkan sebuah produk hanya jika dibutuhkan dan hanya dalam kuantitas yang diminta oleh para pelanggan.
4. Ukuran penting dari keandalan system JIT akan meliputi factor-faktor efektivitas siklus pabrik sbb;
a. Tingkat produk cacat/rusak
b. Waktu siklus
c. Persentase pengiriman produk yang tepat waktu
d. Akurasi pesanan
e. Persentase produksi sesungguhnya dibandingkan dengan produksi yang dianggarkan
f. Jam mesin sesungguhnya dibandingkan jam mesin tersedia yang direncanakan.
5. Elemen-elemen kunci JIT
Lima Elemen kunci demi keberhasilan JIT :
1. Jumlah Pemasok yang terbatas
Tingkat persediaan yang minimal
Sistem JIT memotong biaya dengan mengurangi :
a. Ruang yang dibutuhkan untuk penyimpanan bahan baku
b. Jumlah penanganan bahan
c. Jumlah persediaan yang usang.
2. Pembenahan Tata Letak Pabrik
Arus Lini : jalur fisik yang dilewati oleh sebuah produk pada saat bergerak melalui proses pabrikasi dari penerimaan bahan
3. Pengurangan Setup Time
Masa pengesetan mesin (setup time) adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengubah perlengkapan, memindahkan bahan
4. Kendali Mutu Terpadu (Total Quality Control)
TQC berarti bahwa perusahaan tidak akan memperbolehkan penerimaan penerimaan komponen dan bahan
5. Tenaga kerja yang fleksibel
6. Keuntungan-keuntungan bila mengoperasikan system JIT dalam management
- seluruh system yang ada dalam perusahaan dapat berjalan lebih efisien
- Pabrik mengeluarkan biaya yang lebih sedikit untuk memperkerjakan para staffnya.
- Barang produksi tidak harus selalu di cek, disimpan atau duretur kembali.
- kertas kerja dapat lebih simple
- Penghematan yang telah di lakukan dapat digunakan untuk mendapat profit yang lebih tinggi misalnya, dengan mengadakan promosi tambahan.
7 . Kelemahan JIT
satu kelemahan sistem JIT adalah, tingkatan order ditentukan oleh data permintaan historis. Jika permintaan naik melebihi dari rata-rata perencanaan historis maka inventori akan habis dan akan mempengaruhi tingkat pelayanan konsumen. Untuk mencapai tingkat pelayanan 95% perusahaan harus memasukkan 2 standart deviasi dalam safety stock.
Labels: Management Strategic, semester 4
Kesimpulan
Dalam menangani tingginya biaya, menurunnya laba, dan menajamnya persaingan telah mengakibatkan perusahaan mencari cara-cara untuk merampingkan kegiatan usaha mereka dan mengumpulkan lebih banyak data akurat untuk tujuan pengambilan keputusan. Oleh karena itu muncullah ide Just In Time (JIT) yang hanya memproduksi apabila ada permintaan. Akibatnya pemborosan dapat dihilangkan dalam skala besar, yaitu berupa perbaikan kualitas dan biaya produksi yang lebih rendah. Tujuan utama JIT adalah untuk meningkatkan laba dan posisi persaingan perusahaan yang dicapai melalui usaha pengendalian biaya, peningkatan kualitas, serta perbaikan kinerja pengiriman.
Prinsip dasar JIT adalah meningkatkan kemampuan secara terus-menerus untuk merespon perubahan dengan meminimisasi pemborosan.
• Menghilangkan semua aktivitas atau sumber-sumber yang tidak memberikan nilai tambah terhadap produk.
• Komitmen terhadap kualitas prima.
• Mendorong perbaikan berkesinambungan untuk meningkatkan efisiensi.
• Memberikan tekanan pada penyederhanaan aktivitas dan peningkatan visibilitas yang memberikan nilai tambah.
Labels: Management Strategic, semester 4
Produsen kendaraan di Jepang mempopulerkan filsafat “just-in-time” dengan tujuan “apa yang dibutuhkan, kapan dibutuhkan, dan berapa jumlah yang dibutuhkan”. Mantra yang dibangun oleh
Allen Rufo, wakil direktur utama
Dia mengakui bahwa beberapa dealer telah gagal menjalankan berbagai macam orderan spare part tepat waktu
Pusat spare part Toyota di Bangkok,
Eksekutif mengatakan hanya beberapa unit sparepat yang rusak mengalami kekurangan sparepart.
Sparepart yang terkena imbasnya adalah sparepart model lama,katanya, menambahkan model –model seperti vios, innova, dan corolla sepatutnya tidaka akan mengalami permasalahan mengenai pendistribusian sparepart.
Rufo, bagaimanapun, menjamin bahwa masalah ini hanya terjadi sementara, menambah pejualan
Ia mengatakan bahwa dealer bertanggung jawab untuk meyakinkan, bahwa mereka mempuyai cukup stok sparepart, dan ia menganjurkan mereka untuk membeli sparepart dari
Hiroshi Ito, presiden Toyota di Pilipina penghasil mobil mengatakan perusayaannya percaya bahwa mereka akan menjual sekitar 50.000 unit mobil tahun ini.
Berdasarkan laporan terkini dari Chamber of Automotive Manufacturers of Philippines, Inc (Campi)
Penjualan Automaker bertumbuh hingga 10.4 persen tahun demi tahun.
Data CAMPI juga menunjukkan bahwa Toyota secara konsisten mempimpin market automotive dengan market share 36% dalam 7bulan pertama tahun ini.
Ito mengatakan bahwa selama kenaikan harga dari bahan
Bagi produsen mobil, tidak perlu menaikan harga mobil hingga akhir tahun ini,katanya, menambahkan bahwa turunnya harga minyak menjadi indikasi yang bagus bagi
CAMPI memprediksi total penjualan tahun ini akan mencapai 125,500 unit
TOYOTA’S JUST IN TIME SYSTEM BREAKDOWN
cetral problem
sistem just in time yg rusak atau mengalami gangguan
Menyebabkan penundaan terhadap pelayanan (produksi kendaraan)
kepada klien
objective
must
Memastikan kembali bahan baku pasti ada kepada supplier menjelang waktu produksi dan mengembalikan kepercayaan kepada klien yang di akibatkan penundaan tersebut
want
menjual kembali kendaraan mereka hingga 125.500 unit dalam setahun
area of considerationn
internal
- segera memperbaiki supply bhan baku agar tidak terjadi kesalahan yang sama
- Mencari supplier lebih dari satu supplier, agar bila satu supplier berhalangan masih dapat mengandalakan supplier lainnya.
- Menjalin komunikasi yang lebih baik lagi antarra internal perusahaan
eksternal
harus mengatur supplier barang dan memastikan pada tanggal produksi barang tersebut pasti ada
alternative course of action
menekan biaya produksi sehubungan dengan bahan” baku dan bahan bakar yang smakin mahal agar dapat menjaga harga dari kendaraannya
action plan
strategi yang dilakukan toyota sekarang ini adalah dengan menjaga sistem just in time nya sehingga tidak mengalami kesalahan lagi, dan juga dengan menjaga harga dari kendaraannya tetap stabil agar dapat mencapai target penjualannya, dan mengadakan promosi-promosi agar dapat mencapai objective.
Labels: Management Strategic, semester 4