Friday, October 2, 2009

introduction to religion

Irene Saskia

2007110028

MKT 11-2C


  • Bagaimana pendapat anda tentang pluralisme?

Menurut saya pluralisme adalah suatu paham yang mengakui, menghargai dan menerima perbadaan dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Menurut saya pluralisme adalah paham Yang mengajarkan kita untuk saling menghargai satu sama lain agar tidak terjadi konflik antar individu.

  • Dari 3 sikap tentang kerukunan anda berada pada sikap yang mana? Jelaskan mengapa

Menurut saya, bila dilihat dari 3 sikap tentang kerukunan saya berada pada sikap pluralisme karena saya bisa menerima, menghargai adanya agama yang berbeda dan saya juga tidak pernah menganggap kepercayaan saya yang paling baik. Menurut saya setiap kepercayaan sama tujuannya namun hanya memiliki cara yang berdoa yang berbeda.

  • Sebutkan kendala-kendala pluralism yang terjadi di Indonesia?

Kendala terjadinya pluralisme di Indonesia adalah, masyarakat-masyarakat Indonesia masih fanatik dan selalu menganggap agama dan kepercayaannya yang paling benar.

  • Bagaimana pendapat anda tentang pluralisme jika di kaitkan dengan Yohanes 14:6 ?

Yohanes 14 : 6

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Hubungannya adalah, semua agama sebenarnya mengajarkan kebaikan bahwa apa yang dijalankan oleh masing-masing penganutnya pada akhirnya akan menuju kepada bapa yang di surga. Tetapi dalam ajaran Katolik secara spesifik menjelaskan bahwa melalui Yesus kita akan menuju kepada Bapa.

  • Dari 2 sikap toleransi anda pilih yang pasif minimal atau yang aktif maksimal dan jelaskan mengapa?

Saya memilih toleransi maksimal / positif / aktif karena saya dapat membantu orang lain untuk lebih berkembang menjadi seseorang yang lebih baik dan saya juga menghargai perbedaan yang ada dengan teman-teman saya, terutama dalam hal kepercayaannya.

sedangkan pada toleransi yang minimal/ negative/ pasif saya hanya akan membiarkan orang lain melakukan hal yang mereka lakukan. menurut saya, jika saya memilih toleransi yang minimal maka saya akan menjadi orang yang egois dengan tidak mempedulikan orang lain.

0 Comments:

Post a Comment