Thursday, October 8, 2009

Saya tertarik dan tertantang dengan pekerjaan sebagai Account Manager

karena menurut saya pekerjaan seorang account manager amatlah dinamis dan menyenangkan, karena saya tidak suka dengan pekerjaan yang terlalu monoton.

Saya mudah bergaul dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan orang orang yang baru saya kenal serta saya juga mampu berkomunikasi dengan baik.

Menurut saya, keberadaan seorang Account Manager amatlah penting di sebuah advertising agency, karena Account Manager lah yang bertanggung jawab dan menjadi penghubung antara kepentingan client dan perusahaan,

Tugas seorang Account manager adalah membantu mengarahkan client untuk mengemas produknya semenarik mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

Saya bertemu dan berbincang-bincang dengan Bapak Ferdianto, seorang Account Manager di kantornya di ”PT. Dentsu Indonesia” yang terletak di Graha Niaga lt. 22, Sudirman, Jakarta.

Bapak Ferdianto adalah seorang Sarjana Ekonomi, dan sudah berkecimpung di dunia advertisng selama 9 tahun.

Bpk. Ferdianto memulai karirnya sebagai Account Executive selama 3 tahun, sebelum akhirnya pada tahun 2001, beliau dipromosikan menjadi seorang Account Manager hingga sekarang.

Menurut Bpk. Ferdianto, seorang Accont Manager tidak mungkin bekerja sendirian, melainkan selalu berada dalam satu kelompok kerja ( team work) yaitu dalam departemen ” Account Sevice”.

Pekerjaan dari Account Service itu sendiri adalah :

- membantu client dalam membuat suatu arahan terhadap suatu produk

- membantu client bagaimana mengkomunikasikan produknya agar pesan

yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh konsumen

Sedangkan pekerjaan seorang Account Manager itu sendiri adalah memanage semua pekerjaan, baik dalam hal perencanaan maupun anggaran belanja client.

Account Manager merupakan penghubung antara client dengan advertising agency. Beliau harus mampu memberikan konsep (yang didapat dari creative department) kepada client sesuai dengan keinginan client, yang bagus, menarik dan sesuai dengan anggaran belanja client.

Tanggung jawab seorang Account Manager adalah, memanage semua pekerjaan yang ada di departemen Account Service, selain itu juga mengatur dan mengepalai Account Excecutive.

Dan akhirnya memberikan kepuasan kepada client terhadap pekerjaan yang sudah dilakukannya.

Kemampuan yang harus dimiliki seorang Account Manager menurut Bapak Fredianto adalah, pertama harus bisa mencari peluang yang ada, bisa bernegosiasi dengan baik, bisa berkomunikasi dengan baik, dan bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Dalam bekerja, pasti ada suka dan duka. Dukanya ketika client selalu memaksakan keinginannya sendiri dan tidak mau mendengar masukan dan saran dari team yang lain, misalnya dari team creative atau dari team media, atau dari team lainnya. Selain itu, beliau juga sering dikomplain oleh client. Menurutnya, dikomplain dan dimarahi oleh client sudah menjadi hal yang biasa dihadapinya setiap hari. Selain dikomplain oleh client, beliau juga sering dikomplain oleh teman-temannya dari depatment lain.

Dan sukanya dalam bekerja adalah, ketika ada project yang sudah di setujui, dan kemudian diluncurkan dan akhirnya brand tersebut mengalami peningkatan penjualan karena iklannya dibuat oleh teamnya itu. Itulah kepuasan kerjanya.

3 Comments:

  1. Eza Permana said...
    Selama ini sy cuma mengidamkan posisi ini,namun kesempatan tak kunjung dtg..
    Saya ingin sekali keluar jalur yg sekarang tehnik
    Eza Permana said...
    Selama ini sy cuma mengidamkan posisi ini,namun kesempatan tak kunjung dtg..
    Saya ingin sekali keluar jalur yg sekarang tehnik
    Pondok Komunikasi said...
    Terimakasih Weiters, ini sangat bermanfaat bagi saya,

    Salam Sukses Luarbiasa!

Post a Comment